Saat Anak Mogok Puasa, Ini yang Bisa Orang Tua Lakukan

Share This Post

Tak terasa sudah masuk hari ke 25 Ramadan. Beberapa hari lagi, hari kemenangan tiba. Bagaimana puasanya? Semoga tetap semangat sampai akhir, ya! 

Bagaimana dengan puasa anak-anak? Apakah mereka masih semangat puasa? Pernahkah anak-anak mengeluh dan tak mau puasa? Atau bahkan ada yang mogok puasa? 

Hehe, semua itu wajar kok! Namanya juga masih anak-anak. Saat masih belum masuk usia baligh, tak apa jika sesekali anak Mogok puasa. 

Tapi, gimana ya saat anak mogok puasa? Apakah orang tua harus membiarkan? Atau tetap berusaha agar anak mau puasa lagi? 

Yuk, kita simak beberapa tips di bawah ini. Saat anak mogok puasa, ini yang bisa dilakukan oleh orang tua. 

Biarkan anak mengungkapkan perasaannya

Saat anak mogok puasa, biarkan anak mengungkapkan perasaannya. Biarkan dia menceritakan apa yang dirasakannya. Kenapa dia mogok puasa? 

Apakah karena memang tidak kuat menahan lapar dan haus? Atau mungkin anak merasakan sakit di badannya. 

Baca Juga : Ramadan Tiba, Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ajak Anak Berpuasa?

Jika anak merasa kesakitan dan tak tertahankan, biarkan dia berhenti puasa sejenak. 

Namun, jika karena tak kuat menahan lapar dan haus, coba hibur anak. Berikan dia semangat untuk tetap melanjutkan puasanya. 

Berikan penjelasan pada anak tentang makna puasa

Saat mengajak anak untuk berpuasa, berikan padanya penjelasan tentang makna puasa. Bahwa puasa itu tak sekadar menahan lapar dan haus saja. 

Ketika berpuasa, berikan penjelasan manfaat puasa bagi tubuhnya. Bahwa berpuasa tak sekadar menjalankan kewajiban berpuasa saja. Namun, juga memiliki banyak manfaat bagi tubuhnya. 

Baca Juga : 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Anak Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Dengan begitu, anak bisa membayangkan secara nyata manfaat yang didapat saat puasa. Jadi, anak bisa semakin semangat berpuasa. 

Buat Ramadan menjadi hal yang berkesan

Buat suasana Ramadan berkesan. Isi hari-hari puasa anak dengan kegiatan yang seru dan menyenangkan. 

Baca Juga : Mainan DIY, Aktivitas Menyenangkan untuk Anak Saat Ramadan

Misalnya, menghias rumah dengan beragam dekorasi Ramadan yang meriah. Atau bisa ajak anak membuat takjil favoritnya. Bisa juga dengan membuat berbagai mainan DIY kesenangannya. Dengan beragam kegiatan yang seru, anak akan menjalani puasa dengan gembira. Ramadan menjadi hal yang berkesan untuknya. 

Ajak anak melakukan kegiatan sosial 

Ajak anak melakukan kegiatan sosial saat berpuasa. Misalnya berbagi dengan anak-anak di panti asuhan. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu penyemangat untuk si kecil dalam menjalankan ibadah puasanya dengan saling berbagi dengan sesama.

Dengan melibatkan anak dalam kegiatan sosial ini, akan memunculkan empati dan rasa saling menghargai terhadap sesama. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momen yang baik agar anak menjadi muslim yang baik dalam menjalankan kewajibannya.

Mengajak anak beribadah di masjid

Mengajak anak beribadah di masjid akan mengajarkan untuk dekat dengan Islam dengan melakukan sholat berjamaah, mendengarkan ceramah agama dan mengaji.

Jauhkan godaan yang membuat anak batal puasa

Saat anak puasa, segala hal godaan yang membuat puasanya batal ya! Misal, menyembunyikan makanan kesukaannya seperti es krim atau coklat. 

Baca Juga : 5 Resep Takjil Lucu Dan Enak Buat Anak, Bikin Semangat Puasa!

Berikan apresiasi

Jangan lupa berikan anak apresiasi setiap berhasil menjalankan puasanya. Apresiasi tak melulu hadiah berupa barang. Sekadar pelukan dan pujian juga bentuk apresiasi yang sangat menyenangkan untuk anak. 

Penutup

Saat anak mogok puasa, tak perlu langsung memarahinya atau memaksanya tetap puasa. Hibur anak dan berikan semangat untuk melanjutkan puasanya. 

Semoga tips ini bisa membantu teman-teman saat anak mogok puasa, ya! 

7 Responses

  1. PR yang lumayan berat ini .. anak-anakku untunglah sejak awal sudah berada di lingkungan di mana mereka nyaman.
    Yaa sesekali mogok puasa ya pasti ada yaaa…. tapi kan, aku juga kasih toleransi – kasih pengertian santai gitu. Iming-iming es buah aneh aneh dan buka puasa yang enak alhamdulillah bisa memicu semangat puasanya lagi. Kudu kerjasama ortu dua duanya juga sih ya mbak..

  2. Aku lupa dulu gimana ngasih solusi saat anak mogok puasa. Udah dewasa semua, jadi ingat nya cuma, ngajak mereka main ketika siang hari. Jadi mereka kalo udah asik main bakal lupa kalo sedang puasa. Kadang juga gambar dan mewarnai, atau baca majalah gitu

  3. Memberi pengertian makna puasa pada anak penting dilakukan. Saya sepakat itu. Karena pada prinsipnya, anak berpuasa itu sedang dalam tahap pembelajaran bukan kewajiban. jadi kita tak perlu memarahinya ketika anak mogok puasa.

  4. Namanya anak-anak ya, mudah sekali tergoda untuk batal puasa. Kita sebagai orangtua gak harus memarahinya karena mereka bakalan drop dan malas berpuasa lagi.

    Kudu perlahan untuk memberikan pengertian dan melakukan pengalihan ke hal lain agar lebih semangat lagi puasanya.

  5. Emang ya kasih edukasi ke anak soal puasa itu kudu hati hati… karena kalo anak menolak maka dia akan menjalani puasa dengan terpaksa.. tulisan ini jadi reminder buat aku

  6. kita harus mengerti keadaan anak yaa. Walau puasa itu wajib, tapi anak gak bisa dipaksa untuk menjalaninya. Anakku pernah mogok waktu awal-awalnya belajar puasa, tapi makin ke sini, dia udah mulai sadar dan ngerti sehingga gak pernah mogok lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tips

7 Inspirasi Tukar Kado Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudahkah menyiapkan kado untuk yang tersayang? Ya, hari raya termasuk lebaran akan semakin meriah dengan tradisi tukar kado. Biasanya tradisi tukar kado

Cerita Bunda

Terima Kasih, Diriku

Wah, nggak terasa sudah masuk hari terakhir KEB Berbagi Cerita. Sepekan sudah berbagi cerita Ramadan bersama KEB (Kumpulan Emak Emak Blogger).  Hari terakhir temanya kok