5 Tempat Ngabuburit di Surabaya yang Ramah Anak

Share This Post

5 Tempat Ngabuburit di Surabaya yang Ramah Anak ini wajib teman-teman kunjungi, lho. Mengajak anak ngabuburit ke tempat-tempat yang seru pasti bikin anak bahagia. Anak pun makin semangat puasa! 

Di Surabaya ada banyak tempat yang bisa dipilih untuk ngabuburit bersama anak. Wah, dimana saja itu? 

Yuk, baca artikel ini sampai habis ya! 

Tradisi Ngabuburit Saat Puasa

Ngabuburit menjadi salah satu tradisi saat puasa. Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan sambil menunggu datangnya waktu berbuka. 

Dikutip dari Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda, arti dari kata ngabuburit berasal dari kalimat “ngalantung ngadagoan burit”, yang berarti menunggu waktu sore hari. Sebab, ngabuburit memiliki kata dasar “burit” yang memiliki arti sore hari. Sedangkan secara lengkap yaitu bersantai-santai sambil menunggu waktu sore, yang dilakukan di sore hari menjelang berbuka puasa sekitar pukul 16.00 WIB dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang bernuansa khas Ramadan.

Berbagai jenis kegiatan yang biasa dilakukan saat ngabuburit adalah jalan-jalan santai, berdiam diri di masjid, berburu takjil, atau sekadar berkumpul dengan teman. 

Bagi anak-anak, ngabuburit bisa menjadi hiburan tersendiri. Anak bisa melupakan sejenak rasa haus dan lapar karena berpuasa. Lebih menyenangkan lagi jika mereka bisa menghabiskan waktu ngabuburit di tempat yang asik. 

5 Tempat Ngabuburit di Surabaya yang Ramah Anak

Di Surabaya ada banyak tempat yang bisa menjadi tujuan menghabiskan waktu ngabuburit. Seperti 7 tempat di bawah ini, selain asik untuk menghabiskan waktu ngabuburit, juga sangat ramah anak. 

Masjid Agung Surabaya

Masjid Agung Surabaya atau dikenal dengan sebutan Masjid Al Akbar ini bisa dibilang tempat ngabuburit favorit warga Surabaya. Masjid terbesar di Surabaya ini letaknya di selatan Surabaya. 

Tak hanya memiliki bangunan masjid yang megah dan halaman yang luas, masjid ini punya banyak fasilitas hiburan yang cocok untuk menghabiskan waktu ngabuburit. 

5 Tempat Ngabuburit di Surabaya yang Ramah Anak

Di Masjid Agung Surabaya ini ada wisata menara. Dengan naik ke puncak menara, kita bisa melihat kota Surabaya dari ketinggian. Ada juga Taman Asmaul Husna. Di sini banyak wahana bermain untuk anak-anak. 

Bisa juga ke Edupark. Di Edupark ini kita bisa melihat berbagai jenis tanaman. Mulai dari hidroponik, tanaman obat, buah-buahan, hingga sayur-sayuran. 

Baca Juga : Lima Hal Seru Yang Bisa Dilakukan Di Masjid Agung Surabaya

Ada perpustakaan juga yang terletak di lantai basement. Anak-anak pasti suka bila diajak ngabuburit di sini. 

Alun-Alun Surabaya

Alun-alun Surabaya adalah tempat wisata baru. Berbeda dengan alun-alun pada umumnya yang sifatnya outdoor, alun-alun ini indoor. Terletak di lantai basement kompleks Balai Pemuda Surabaya. 

Baca Juga :  Menikmati Wisata Edukasi Di Balai Pemuda Surabaya

Alun-alun ini dilengkapi dengan mesin pendingin. Suasananya sejuk dengan berbagai spot foto instagramable. Di sini juga ada galeri lukisan. 

Ada juga arena bermain skateboard di alun-alun ini. Anak-anak akan senang jika bisa menghabiskan waktu ngabuburit di sini. 

Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya

Masih satu kompleks dengan alun-alun Surabaya, teman-teman bisa mengajak anak-anak menghabiskan waktu ngabuburit di sini. Perpustakaan ini buka dari pukul 8 pagi hingga 8 malam. 

Banyak buku-buku anak di sini. Ada juga English Corner yang bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris gratis. Selain pojok anak, ada juga pojok disleksia yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak. 

5 Tempat Ngabuburit di Surabaya yang Ramah Anak

Jika tertarik dengan budaya Korea, bisa memanfaatkan layanan Korean Corner di sini. Pasti asik menghabiskan waktu ngabuburit sambil membaca berbagai buku-buku menarik di perpustakaan. 

Taman Bungkul

Taman Bungkul adalah taman kebanggagan warga Surabaya. Taman ini bahkan menjadi satu-satunya taman di Indonesia yang meraih penghargaan Internasional dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) berupa The 2013 Asian Townscape Sector Award.

Taman yang terletak di Jalan Darmo ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Di taman ini terdapat jalur papan luncur (skateboard track) dan sepeda BMX, jalur jogging, panggung untuk musik hidup berbagai jenis, zona akses internet nirkabel (wi-fi) gratis, area green park dengan kolam air mancur, taman bermain anak-anak hingga pujasera dan sentra Pedagang Kaki Lima.

Taman Bungkul memiliki fasilitas kran air bersih yang bisa diminum secara gratis. Saat menghabiskan waktu ngabuburit di sini, anak juga bisa berziarah ke makam Sunan Bungkul. 

Kampung Ampel Surabaya

Kampung Ampel Surabaya adalah salah satu destinasi ngabuburit favorit di Surabaya. Jika mengajak anak-anak kesini, tak hanya sekadar menghabiskan waktu ngabuburit saja, tapi juga belajar sejarah penyebaran Islam. 

Di Kampung Ampel Surabaya tak hanya ada makam Sunan Ampel saja yang bisa kita datangi. Tapi juga ada cagar budaya Makam Habib Habsyi. Dari ziarah ini anak-anak bisa mengenal siapa orang yang berjasa terhadap penyebaran Islam di Surabaya. 

Setelah berziarah jangan lupa berbuka dengan beragam kuliner khas Timur Tengah yang banyak dijual di Ampel. Pulangnya bisa membeli berbagai oleh-oleh di Pasar Ampel. 

Baca Juga : 7 Wisata Alam di Surabaya yang Bisa Melepas Lelahmu

Tentu ini akan jadi ngabuburit yang menyenangkan dan berkesan bagi anak. 

Penutup

Mengajak anak-anak ngabuburit bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat di bulan Ramadan. Bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Dan membuat mereka semakin semangat puasa. 

Lima tempat ngabuburit di Surabaya yang ramah anak ini wajib teman-teman kunjungi, lho. Agar ngabuburit semakin menyenangkan dan berkesan bagi anak. 

Jadi, mau ngabuburit kemana nih? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tips

7 Inspirasi Tukar Kado Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudahkah menyiapkan kado untuk yang tersayang? Ya, hari raya termasuk lebaran akan semakin meriah dengan tradisi tukar kado. Biasanya tradisi tukar kado

Cerita Bunda

Terima Kasih, Diriku

Wah, nggak terasa sudah masuk hari terakhir KEB Berbagi Cerita. Sepekan sudah berbagi cerita Ramadan bersama KEB (Kumpulan Emak Emak Blogger).  Hari terakhir temanya kok