7 Tips Mudik Aman dan Nyaman Bersama Anak dengan Mobil Pribadi

Share This Post

Tak terasa, kita sudah ada di penghujung Ramadan. Saat lebaran tiba, banyak dari kita yang melakukan mudik ke kampung halaman. Mengajak anak mudik tentu butuh persiapan lebih. Pastikan perjalanan mudik anak bisa aman dan nyaman. 

Pengalaman Mudik

Mudik menggunakan mobil pribadi sejauh ini menjadi pilihan terbaik bagi saya. Selain lebih nyaman, tentu juga lebih aman.

Sebelumnya kami pernah mudik menggunakan transportasi umum. Naik bus. Anak-anak luar biasa rewel. Mudik menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi mereka. Sebab harus berdesak-desakan dan mengalami sumpek karena kemacetan yang luar biasa. 

Lalu, kami pernah mudik naik motor berempat. Dua kali berujung celaka. Kami mengalami kecelakaan. Beruntung masih selamat meski pernah harus menghabiskan waktu lebaran di rumah sakit. Mudik dengan motor memang tidak disarankan. Bahaya. 

Baca Juga : Mudik Naik Motor yang Berujung Celaka

Alhamdulillah, tiga tahun ini kami bisa mudik dengan mobil pribadi. Anak-anak bisa lebih menikmati perjalanan mudik. Meski begitu  masih ada yang harus dipersiapkan agar perjalanan mudik berjalan aman dan nyaman. 

Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi 

Ada beberapa tips mudik menggunakan mobil pribadi agar perjalanan berlangsung aman dan nyaman. 

Cek kondisi mobil

Cek kondisi mobil sebelum mudik. Pastikan mobil dalam kondisi prima sebelum digunakan untuk perjalanan jauh. 

Kunjungi bengkel untuk pengecekan secara menyeluruh. Agar mobil benar-benar aman untuk dipakai mudik. 

Baca Juga : Kata Ahli, Ini Tips Menyusui Bayi Saat Puasa

Cek kesehatan anak

Pastikan saat mudik anak-anak dalam kondisi sehat. Sebelum mudik usahakan anak-anak makan makanan bergizi dan memiliki waktu istirahat yang cukup. Dengan begitu, saat mudik kondisi fisiknya sehat. 

Pemilihan waktu mudik

Jika memang mudik dalam jarak jauh dan menempuh perjalanan panjang, pilih waktu mudik saat jam tidur anak. Hal ini agar anak bisa tidur saat di perjalanan, sehingga mereka tidak rewel. 

Atau di pagi hari. Saat mereka masih semangat. Perjalanan di pagi hari bisa membuat anak menikmati pemandangan yang ada. Anak pun gembira. 

Bawa mainan dan buku anak

Jangan lupa membawa mainan dan buku anak saat perjalanan mudik. Ini bisa menjadi hiburan bila anak mengalami kebosanan saat perjalanan. 

Baca Juga : Tips Menyusui Dan MPASI Saat Mudik

Siapkan snack

Jangan lupa menyiapkan beragam snack favorit anak. Perjalanan akan menyenangkan jika anak bisa memakan snack favoritnya. 

Bawa obat-obatan

Tak hanya sedia kotak P3K, bawa juga obat-obatan yang dibutuhkan oleh anak. Mulai dari obat anti mabuk perjalanan, flu, demam, hingga minyak ataupun salep gatal-gatal. 

Membawa obat-obatan saat mudik bersama anak bisa membantu kita mengantisipasi beragam kemungkinan yang akan terjadi. 

Gunakan sabuk pengaman

Meski anak-anak  duduk di kursi penumpang yang ada di belakang, pastikan anak-anak tetap memakai sabuk pengaman selama perjalanan. Menggunakan sabuk pengaman saat perjalanan membuat perjalanan menjadi aman. Keselamatan anak terlindungi. 

Penutup

Mudik adalah tradisi yang harus dilestarikan. Anak-anak perlu dikenalkan dengan tradisi ini. Agar mereka tak lupa akarnya dan tetap menjaga tali silaturahmi. 

Namun, keselamatan adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Pastikan memilih transportasi yang aman dan nyaman saat mudik bersama anak. 

Demikian 7 tips mudik aman dan nyaman bersama anak menggunakan mobil pribadi. Semoga tips ini bisa membantu teman-teman yang akan mudik bersama anak menggunakan mobil pribadi. 

Selamat mudik.. 

Hati-hati di jalan… 

One Response

  1. Kangeeen sih mudik sbnrnya. Dulu pas mertua masih ada, kami rutin mudik ke solo mba, pakai mobil. Tapi sejak keduanya meninggal, udah ga pernah. Kalo mudik ke ortuku di Medan, prefer pesawat. Tapi itupun ga pernah di momen lebaran. Mahaaaal tiketnya ??.

    Tapi pas masih rutin mudik ke solo, kami juga usahain utk berangkat di saat orang2 blm mulai mudik. Trauma Ama macetnya ?. Pernah kejebak dulu 30 jam di jalan, Jakarta – solo. Sejak itu ga mau lagi berangkat mepet ?. Kasian anak2 juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tips

7 Inspirasi Tukar Kado Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudahkah menyiapkan kado untuk yang tersayang? Ya, hari raya termasuk lebaran akan semakin meriah dengan tradisi tukar kado. Biasanya tradisi tukar kado

Cerita Bunda

Terima Kasih, Diriku

Wah, nggak terasa sudah masuk hari terakhir KEB Berbagi Cerita. Sepekan sudah berbagi cerita Ramadan bersama KEB (Kumpulan Emak Emak Blogger).  Hari terakhir temanya kok