Belajar Ala Aluna

Share This Post

Aluna, bulan ini genap berusia 3 tahun. Alhamdulillah di usianya itu sudah banyak perkembangan yang dicapai.
Awalnya, saya masih bingung. Bagaimana memandu Aluna. Terus terang, bungsu kami ini memang berbeda dengan kakaknya. Aluna masih belum tertarik untuk di setting belajar.
Misalnya, ketika saya meminta dia menyendok dan memindahkan macroni dari satu wadah ke wadah lainnya. Dia tidak mau, dia punya cara lain. Macroninya langsung dia tuang ke wadah lainnya. Duh, padahal kan maksud bunda biar kamu telaten pindahinnya nak. Saat kamu memegang sendok, itu kan juga salah satu stimulasi bunda dalam mengasah masa prewriting mu nak.
Baiklah, akhirnya saya memberi kebebasan pada Aluna. Apa yang mau dia pelajari dan bagaimana caranya belajar. Ya, memabg begitu seharusnya. Home education tak seperti memindahkan sekolah ke rumah. Home education bukan berarti memberi anak segudang jadwal belajar yang ketat.
Home education artinya, orangtua membimbing dan memfasilitasi anak sesuai dengan fitrahnya. Sesuai fitrahnya, anak usia 0-7 tahun adalah masa keemasan bagi perkembangan fitrah keimanan. Maka berikan banyak kegiatan yang bisa menstimulasi fitrah keimanan tersebut.
Lantas bagaimana dengan fitrah-fitrah lainnya? Boleh dikembangkan juga. Namun disesuaikan dengan usia anak. Lihat juga checklist perkembangan anak berdasarkan usianya.
Contohnya, di usia 3 tahun secara fitrah aspek kognitif anak belum berkembang sempurna. Namun bukan berarti tidak boleh diasah. Asah aspek kognitifnya sesuai tahapan usianya. Di usia 3 tahun, secara kognitif anak mampu mengenal minimal 3 bentuk dasar.
Nah alhamdulillah, Aluna sudah mengenal berbagai bentuk. Mulai dari segitiga, lingkaran, persegi panjang dan bujur sangkar. Bagaimana cara Aluna belajar bentuk dasar? Caranya dengan bermain. Ya, bermain dan belajar.
Salah satunya dengan bermain FunThinkers. FunThinkers adalah media belajar anak yang bisa di pakai dari anak usia 2-12 tahun dengan materi pembelajaran umum seperti Matematika & Bahasa Inggris,serta di sisipkan materi Thinking Skills yang berkaitan dengan psikotes anak.
FunThinkers menjadi media permainan yang juga bisa mengajak anak belajar banyak. Seperti pagi ini, Aluna belajar mengenal bentuk dan huruf dari FunThinkers.
Dengan bermain FunThinkers ini tak hanya mengasah aspek kognitif, tetapi juga aspek motoriknya. Selain itu anak juga belajar dengan gembira.
Ya, inilah cara belajarnya Aluna. Belajar sambil bermain.
Omah Rame, 15 Maret 2019
#FitrahBasedEducation
#HomeEducation
#FBE.Aluna.3y
#FitrahBelajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tips

7 Inspirasi Tukar Kado Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudahkah menyiapkan kado untuk yang tersayang? Ya, hari raya termasuk lebaran akan semakin meriah dengan tradisi tukar kado. Biasanya tradisi tukar kado

Cerita Bunda

Terima Kasih, Diriku

Wah, nggak terasa sudah masuk hari terakhir KEB Berbagi Cerita. Sepekan sudah berbagi cerita Ramadan bersama KEB (Kumpulan Emak Emak Blogger).  Hari terakhir temanya kok