Percobaan Sains Sederhana – Susu Pelangi

Share This Post

Percobaan Sains Sederhana
Percobaan Sains Sederhana | pixabay
Percobaan Sains Sederhana – Siapa bilang sains itu sulit dan membosankan? Sains bisa menjadi media bermain yang menyenangkan bagi anak. Melalukan percobaan sains sederhana tidak hanya membuat anak belajar ilmu pengetahuan, tetapi juga bisa menjadi kegiatan menarik yang mengasyikkan. Tak percaya? Baca artikel ini sampai habis ya.

Percobaan Sains Sederhana

Percobaan sains sederhana bisa menjadi media belajar yang menarik bagi anak. Melalui percobaan sains sederhana, anak bisa belajar ilmu pemgetahuan dengan cara yang menyenangkan.
Mereka tidak hanya paham teori, tetapi bisa melakukan praktek secara langsung. Tentu ini akan lebih membekas dalam ingatan mereka.
Percobaan sains sederhana bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Pilih yang mudah dilakukan dan sesuaikan dengan tahap perkembangan usia anak ya. 

Manfaat Percobaan Sains Sederhana

Percobaan Sains Sederhana
Manfaat Percobaan Sains Sederhana | Pixabay
Melakuman percobaan sains sederhana tidak hanya bisa menjadi salah satu alternatif mengisi kegiatan di rumah, tetapi juga punya banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. 
Beberapa manfaat melakukan percobaan sains sederhana adalah : 

1. Life Skill

Melakukan percobaan sains sederhana bisa membantu anak mengembangkan life skill atau keterampilan hidup. Keterampilan hidup anak akan terasah, terutama kemampuan berkomunikasi, tetap teratur dan fokus, sehingga mereka bisa menarik kesimpulan sendiri setelah melakukan pengamatan. Sains juga menstimulasi semua paanca indera anak.  

2. Belajar Langsung

Melakukan percobaan sains sederhana akan membuat anak belajar secara langsung. Mereka tidak hanya membaca materi yang ada di buku. Tetapi juga melihat dan berinteraksi secara langsung dengan obyek yang diperlajari. Belajar secara langsung tentu akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi anak. 

3. Siap Belajar

Saat anak-anak melakukan percobaan sains sederhana, sesungguhnya itu membuat mereka siap belajar. Apa yang mereka pelajari saat anak-anak, tentu akan berpengaruh di masa depannya kelak.
Penelitian menunjukkan bahwa, anak mulai mengembangkan minat di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika sejak di usia dasar. Tentu minat dan keterampilan ini bisa sangat mendukung karir mereka di masa depan. 

Contoh Percobaan Sains Sederhana : Susu Pelangi

Percobaan Sains Sederhana
Membuat Susu Pelangi | dokpri
Setiap satu pekan sekali, di rumah kami ada jadwal kelas science asyik. Di kelas tersebut kami akan belajar sains dengan melakukan percobaan sederhana. 
Pekan ini percobaan sains yang kami lakukan adalah membuat susu pelangi. Hmm apa itu susu pelangi? Baca sampai akhir ya 🙂
Percobaan susu pelangi ini sangat mudah dilakukan. Bahan-bahannya juga mudah didapat. Bisa menggunakan apa yang ada di dapur kita.

Bahan : 

Percobaan Sains Sederhana
Bahan-bahan | dokpri
– susu cair 
– pewarna makanan
– sabun cuci piring
– piring
– cutton bud
Pertama, tuangkan susu ke dalam piring. Lalu teteskan sedikit pewarna makanan di sisi yang berbeda-beda. Dapatkan satu warna aja, boleh juga dua atau lebih. Kalau saya kemarin netesin 4 warna.
Lalu, ambil cotton bud dan oleskan ke sabun cuci piring. Celupkan cotton bud itu ke sisi pewarna makanan dalam susu. Dan lihatlah apa yang terjadi.
Semua terpampang nyata.
Percobaan Sains Sederhana
Susu Pelangi | dokpri
Terlihat setetes warna di susu itu menjauh dari sabun cuci piring, melebar, berpendar ke luar, dan berputar. Kalau misal kalian meneteskan lebih dari 1 pewarna makanan, nanti pendar warna yang keluar bisa tercampur sendiri, dan muncul warna pelangi yang bagus.
Kenapa bisa seperti itu?
Susu memiliki kandungan protein dan lemak. Nah, protein dan lemak itu punya sifat yang sensitif terhadap sekitarnya. Dan ketika diberi sabun, senyawa sabun itu akan memecah protein dan lemak yang ada pada susu.
Makanya kenapa dibutuhkan pewarna makanan, supaya lebih terlihat proses “memecah”nya. Sehingga terlihat susu pelangi yang cantik.
Oh ya, lebih jelasnya bisa dilihat di video berikut ya..
Yuk dicoba di rumah ya 🙂

0 Responses

  1. Wah.. Seru ya mbak, bisa jadi ide untuk mengisi kegiatan rumah selama masa karantina ini, apalagi prosesnya juga simple. Keren!

  2. Wah menarik pembelajaran parenting yang diterapkan di keluarganya mba, menjadwal science sederhana itu bagus banget untuk menarik bakat dan pengetahuan nya melalui uji coba dan hal2 baru yang dipelajari

  3. Aku juga beberapa minggu lalu melakukan percobaan ini sama anak-anak, karena tema belajar minggu itu adalah pelangi. Hehe.

    btw, samaan nih, Mbak. Barusan juga aku menulis tentang bagaimana percobaan sains sederhana macam ini bisa menumbuhkan kemampuan anak berpikir kritis.

  4. Wah seru juga ya Mbak bisa melakukan percobaan sains bersama anak, ternyata percobaan sainsnya juga nggak susah2 amat ya. Boleh ditiru nih percobaannya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tips

7 Inspirasi Tukar Kado Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudahkah menyiapkan kado untuk yang tersayang? Ya, hari raya termasuk lebaran akan semakin meriah dengan tradisi tukar kado. Biasanya tradisi tukar kado

Cerita Bunda

Terima Kasih, Diriku

Wah, nggak terasa sudah masuk hari terakhir KEB Berbagi Cerita. Sepekan sudah berbagi cerita Ramadan bersama KEB (Kumpulan Emak Emak Blogger).  Hari terakhir temanya kok