Refleksi Bintang Penjelajah – Buku : Pentingnya Fokus dan Skala Prioritas!

Share This Post

Refleksi menulis buku

Saya senang bisa bergabung dengan teman-teman astro lain memiliki keinginan meluncurkan karya di Semesta Karya Institut Ibu Profesional. Ini membuat saya kembali bersemangat untuk terus konsisten menghasilkan karya berwujud buku.

Proyek Buku yang Sedang Saya Jalani

Sebenarnya, tahun ini saya banyak terlibat dalam proyek penulisan buku. Mulai dari buku solo, buku duet sampai antologi. Ah, saya ini mungkin terlalu bersemangat untuk menulis buku. Eh semangat apa maruk ya? Haahh…

Ini adalah proyek buku yang sedang saya jalani : 

1. Buku Solo : Ibuku adalah Sekolah Terbaikku Jilid 2

2. Buku Duet :

– Pendidikan Berbasis Fitrah untuk Anak Berkebutuhan Khusus

– Kunci Sukses Orang Tua Bekerja dalam Mendampingi Anak Sekolah dari Rumah 

– Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

3. Antologi : Emak Pemburu Rupiah

Progres Proyek Buku yang Sedang Dijalani

Kalau di total, ada lima proyek penulisan buku yang sedang saya jalani. Sebenarnya semuanya juga hampir rampung. Hanya adanya pandemi ini membuat saya harus berpikir ulang bila harus memaksakan menerbitkan buku di tahun ini.

Tentu kita semua tahu, pandemi juga berdampak pada perekonomian masyarakat. Daya beli turun. Peluang pembelian buku tentu lebih kecil saat ini. Makanya saya memilih menunda untuk menerbitkan di tahun ini.

Tapi saya tetap berproses, tetap menulis buku-buku tersebut. Ini adalah progres dari beberapa proyek buku yang sedang saya jalani. 

1. Buku Solo : Ibuku adalah Sekolah Terbaikku Jilid 2

Sudah sampai tahap bab 3, tinggal satu bab lagi. Saya akan selesaikan akhir bulan Oktober. Sebab sudah berkomunikasi dengan pihak penerbit, bahwa naskah akan saya kirim awal November. Dengan harapan Desember bisa launching buku. 

2. Buku Duet : 

– Pendidikan Berbasis Fitrah untuk Anak Berkebutuhan Khusus :

Buku ini juga sudah sampai bab 3. Hanya perlu penambahan informasi dari beberapa informan. Mau wawancara juga terkendala pandemi. Kalau wawancara online sepertinya masih belum bisa optimal.

Untuk buku ini sudah saya dan patner putuskan terbit tahun depan. Kami ingin lebih optimal dalam menyajikan buku yang berbasis riset mendalam. 

– Kunci Sukses Orang Tua Bekerja dalam Mendampingi Anak Sekolah dari Rumah 

Kalau ini baru sampai tahap pengajuan outline ke penerbit. Belum ada kabar pastinya. Jadi saya dan patner juga belum menulis apa-apa. Kalau penerbot setuju dengan outline kami, baru kami akan mulai menulis bukunya. 

– Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

Ini duet dengan sesama teman di KLIP (Komunitas Literasi Ibu Profesional). Sudah sampai bab 3 juga, satu bab lagi. Target sih juga selesai akhir Oktober ini. Semoga bisa terealisasi.

3. Antologi : Emak Pemburu Rupiah

Kalau ini saya sudah selesai menulis karya saya. Hanya menunggu karya teman-teman lainnya. 

Pentingnya Fokus dan Skala Prioritas

Saya senang bisa mengetahui proyek-proyek buku dari astro lainnya. Semua karyanya hebat. Banyak hal yang bisa saya ambil hikmah dari penjelajahan ini. Pertama, perlunya konsistensi dalam menulis. Kedua, terkait manajemen waktu. Pentingnya menentukan skala prioritas. Ketiga, fokus pada tujuan yang ingin dicapai.

Dari ketiganya, saya belum bisa untuk menentukan skala prioritas dan fokus. Proyek menulis buku banyak tertunda dengan perkerjaan sebagai blogger. Ah ini yang harus saya perbaiki. 

2021 : Tahun Produktif Menulis

Tahun depan tentu saya ingin semua proyek penulisan buku di tahun ini bisa selesai. Terutama untuk buku solo saya. Saya berharap bisa banyak memberikan manfaat bagi banyak orang. 

Berharap semoga penjualannya bisa lebih bagus dari buku pertama.

Kolaborasi 

Harapannya bisa berkolaborasi dengan KIPMA. KIPMA bisa membantu mempromosikan buku-buku saya. Membantu mempromosikan dalam berbagai cara. Mulai dari mengadakan talk show, bedah buku hingga membantu penjualan buku. 

Baiklah ini adalah jurnal refkeksi saya selama mengikuti ekspedisi bintang penjelajah. Saya berterima kasih atas kesempatan yang diberikan. Semoga tahun 2021 menjadi tahun yang lebih produktif untuk saya.  

0 Responses

  1. Wah, proyek bukunya banyak sekali, Mbak. Mantap betul. Salut euy sama manajemen waktunya. 2020 ini malahan saya blas gak ikut proyek antologi. Draft buku solo? Malah lupa gak kepegang sama sekali, hehe.

  2. wao..keren bet mbaak (aaaih jd ikutan anakku kalo nyebut banget :D). Semoga baca ini serasa dibangunin dr mimpi utk kerjain rencana buku. jangan mimpi ajaaaa huhuhu. sukses dengan buku2nya mbak 🙂

  3. keren, benar2 inspiratif. saya iri pada teman2 yg pandai bagi waktu dan bs bikin skala prioritas. saya pribadi masih kelabakan. tiap anak tidur, saya ikut tidur. padahal ingin rasanya bs begadang, tp entahlah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tips

7 Inspirasi Tukar Kado Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudahkah menyiapkan kado untuk yang tersayang? Ya, hari raya termasuk lebaran akan semakin meriah dengan tradisi tukar kado. Biasanya tradisi tukar kado

Cerita Bunda

Terima Kasih, Diriku

Wah, nggak terasa sudah masuk hari terakhir KEB Berbagi Cerita. Sepekan sudah berbagi cerita Ramadan bersama KEB (Kumpulan Emak Emak Blogger).  Hari terakhir temanya kok