7 Menu Sahur Sehat, Praktis dan Enak untuk Anak

Share This Post

Tak terasa kita sudah sampai dipertengahan bulan Ramadan. Bagaimana puasanya? Apakah teman-teman masih semangat puasa? 

Harus semangat, ya! 

Ngomongin soal puasa, pasti nggak akan lepas dengan makan sahur. Ya, makan sahur menjadi ibadah awal kita sebelum berpuasa. 

Makan sahur juga sangat penting. Sebab, makan sahur menjadi energi kita saat berpuasa hingga adzan magrib. 

Makan sahur bagi anak-anak sedikit menantang, ya! Anak terkadang malas makan sahur. Bisa karena mereka masih ngantuk atau juga karena mereka pilah-pilih makanan. 

Padahal, penting sekali bagi anak untuk bisa makan sahur setiap puasa. Makan sahur menjadi bekal anak agar kuat puasa seharian. 

Tentu sangat menantang bagi ibu, untuk menyediakan menu makan sahur untuk anak. Memastikan bahwa anak bisa makan sahur yang sehat, tapi juga enak agar anak lahap makannya. 

Berikut 7 resep menu sahur yang sehat, praktis, dan enak untuk anak. 

Spaghetti 

Bahan:

– 450 gr spaghetti

– 15 buah tomat besar segar, potong-potong blender halus

– 300 gram daging cincang

– 1 buah bawang bombay, cincang

– 4 siung bawang putih, cincang

– 2 sdm paprika bubuk

– 1 sdm worcestershire sauce atau kecap inggris

– 1 sdm oregano bubuk

– 1 sdm basil bubuk

– 1 sdm parsley bubuk

– Garam, gula, merica bubuk dan kaldu jamur bubuk sesuai selera

– Minyak zaitun secukupnya untuk menumis

– Keju parmesan sesuai selera

Cara membuat:

1. Rebus spaghetti dengan sesuai petunjuk. Angkat dan tiriskan

2. Tumis daging cincang dengan garam dan merica sampai matang angkat dan sisihkan. Di sisa minyak untuk menumis daging cincang, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai wangi dan matang.

3. Tuangkan tomat yang sudah diblender. Masak hingga tomat mengental, beri bumbu worcester sauce, oregano, basil, sebagian parsley bubuk, garam, gula, merica, kaldu jamur bubuk.

4. Masukkan daging cincang dan aduk rata biarkan hingga saus meresap pada daging. Kecilkan api dan masukkan spaghetti. Campur spaghetti dengan saus sampai rata, jika terlalu kering boleh tambahkan sedikit air dari sisa rebusan spaghetti.

5. Koreksi rasa dan campur dengan keju parmesan. Angkat dan sajikan dengan taburan parsley di atasnya.

Sandwich

Bahan:

– 3 Lembar roti tawar

– 1 sdm margarin

– 2 butir telur rebus

– 100 gr mayonaise

– Garam secukupnya

– 2 sdm tuna kaleng

– 1 buah tomat iris tipis

– Selada

Cara Membuat

1. Oleskan mentega ke roti, kemudian panggang hingga kecokelatan.

2. Campur telur rebus, mayonaise, tuna dan garam. Aduk rata hingga tercampur.

3. Ambil roti kemudian beri isian telur, kemudian tomat, dan selada. Susun.

4. Sajikan dengan saus kesukaan.

Baca Juga : Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat Puasa

Telur Gulung

Bahan:

– Merica secukupnya

– Wortel dipotong dadu kecil

– 3 buah telur

– Garam secukupnya

– Daun bawang

Cara memasak:

1. Panaskan wajan dengan api kecil. Lalu beri 1 sendok teh minyak dan ratakan dengan kuas masak atau tisu dapur.

2. Masukkan setengah bagian kocokan telur, tunggu hingga setengah matang.

3. Taburkan wortel dan daun bawang, lalu gulung hingga padat. Sisihkan.

4. Tuangkan sisa kocokan telur di sisi wajan yang masih kosong, tunggu hingga setengah matang.

5. Ambil gulungan dadar berisi wortel dan balut dengan telur dadar yang sudah setengah matang. Gulung lagi.

6. Bolak-balik gulungan dadar hingga matang, namun jangan terlalu lama agar permukaan dadar gulung tidak kering.

Dadar Mie

Bahan:

– 1 bungkus mie rebus

– 2 butir telur

– Bawang bombay, iris kotak

– 2 cabai rawit

– Garam

– Kecap manis

Cara membuat:

1. Rebus mie sampai matang lalu tiriskan, lalu masukkan bumbu mie tambahkan sedikit kecap.

2. Kocok telur dengan garam lalu. Masukkan bawang bombay dan cabai.

3. Kocok semua bahan tadi

4. Adonan siap digoreng, pakai api yang sedang

5. Dadar mie telur siap dihidangkan.

Hash Browns

Bahan-bahan

4 buah kentang ukuran sedang

1 buah bawang Bombay ukurang sedang

1 buah telur, kocok rata

Lada dan garam

Minyak untuk menggoreng

Cara Membuatnya

  1. Parut kasar kentang dan bawang bombay, lalu letakkan di atas kain tipis, rapatkan ujungnya, lalu peras hingga kandungan air pada kentang dan bawang keluar. Tidak harus kering 100% ya.
  2. Masukkan kentang dan bawang bombay tadi ke mangkok besar, tambahkan telur, lada dan garam (sesuai selera), aduk semua hingga rata.
  3. Panaskan minyak di teflon (bisa dengan penggorengan datar lainnya), lalu masukkan satu sendok penuh adonan kentang, ratakan sedikit hingga berbentuk seperti patty burger.
  4. Setelah kecoklatan, balik dengan spatula hingga sisi satunya matang. Sekitar 2-3 menit tiap sisi.
  5. Hash browns siap dihidangkan 

Baca Juga : 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Anak yang Sayang untuk Dilewatkan

Sup Jagung Telur

Bahan-bahan

  • 2 buah jagung manis, dipipil
  • 100 gram daging ayam, potong kecil-kecil
  • 1 batang daun bawang, dirajang
  • 1 butir bawang bombay, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, dirajang
  • 3 butir bawang merah, dirajang
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 750 ml air
  • 1 sdm saus tiram
  • 3 sdm tepung maizena, larutkan dengan air

Cara Membuat

1. Tumis bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih hingga harum. Tambahkan air. Didihkan.

2. Masukkan daging ayam dan jagung ke rebusan. Aduk rata.

3. Tambahkan garam dan merica. Masukkan telur. Aduk rata.

4. Setelah semua bahan matang, tambahkan larutan maizena sedikit demi sedikit. Masak hingga mengental.

5. Matikan api. Sajikan sup jagung telur selagi hangat.

Omelette Brokoli Keju

Bahan-bahan

  • 2 butir telur
  • Brokoli secukupnya, cuci bersih dan cacah kecil-kecil
  • Keju cheddar parut secukupnya (bisa diganti 2 sdm cooking cream)
  • Garam dan lada secukupnya

Baca Juga : Bento Ramadan Hokben, Hidangan Lezat dan Halal untuk Sahur dan Berbuka

Cara Membuat

  1. Kocok telur hingga sedikit berbusa, masukkan garam dan lada. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan keju atau cooking cream, kocok lagi hingga rata.
  3. Masukkan cacahan brokoli hingga menyatu dengan telur.Masak di atas lelehan margarin atau sedikit minyak yang telah dipanaskan di wajan. Buat seperti memasak dadar. Balik agar warnanya kuning keemasan. 
  4. Angkat setelah matang.
  5. Sajikan.

Penutup

Demikian 7 menu sahur sehat, praktis, dan enak untuk anak. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman untuk menyajikan menu sahur sehat, praktis, dan enak untuk anak. 

Penuhi nutrisi makan sahur anak, agar anak bisa menjalani puasa dengan sehat dan gembira. 

Boleh lho, share menu sahur andalan teman-teman di kolom komentar. 

Terima kasih. 

7 Responses

  1. Sahur nih PR banget emang
    aku selalu stok aneka bahan yang tinggal cemplung – jadi pada saatnya sahur mudah di eksekusi tapi juga enak buat anak-anak, paling sering sih odeng, sop bakso sama capcay kuah he he

  2. Pilih menu sahur yang menarik untuk anak-anak emang sedikit agak tricky ya mba, dan dari semua menu yang mba Dian tulis di atas menunya menarik semua tuh, simple dan anak2 suka. dan yang pasti bisa memenuhi kebutuhan gizi anak.

    Btw pas baca saya udah ngiler nih bayangin makanannya, apalagi kalo ditambah foto, pasti lebih mantap tuh mba hehe.

  3. Yummy…semua sepertinya enak dan menggugah selera, membuat nya pun ternyata tak terlalu ribet ya.. Terimakasih sharing resepnya mba..aku akan coba juga ah…

  4. Kalau sandwich dan spaghetti sih dijamin anak-anak doyan berat dan semangat makan sahurnya ya Kak. Makasih resep-resepnya, nanti kucoba di rumah. Relatif mudah juga bikinnya.

  5. wewwww, menunya lengkap banget tuh Mba, saya kalau bikin spageti.
    Palingan cuman spageti, pakai saus instan bolognese, kalau ga ada daging pakai sosis, kalau ga ada bawang bombay pakai bawang putih, trus sama margarin buat numis, dan keju buat taburan 😀

  6. wah banyak juga referensinya ya bisa dipakai di rumah bisa buat si kecil bisa buat orang ddewasa juga niy, sering buat yang sup jagung telur dna omelet brokoli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tips

7 Inspirasi Tukar Kado Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudahkah menyiapkan kado untuk yang tersayang? Ya, hari raya termasuk lebaran akan semakin meriah dengan tradisi tukar kado. Biasanya tradisi tukar kado

Cerita Bunda

Terima Kasih, Diriku

Wah, nggak terasa sudah masuk hari terakhir KEB Berbagi Cerita. Sepekan sudah berbagi cerita Ramadan bersama KEB (Kumpulan Emak Emak Blogger).  Hari terakhir temanya kok