Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Share This Post

Cara Menghasilkan Uang dari Blog – Blogger menjadi salah satu profesi baru yang sedang naik daun. Banyak orang berbondong-bondong menjadi blogger. Katanya, enak ya jadi blogger. Hmm, mungkin belum lihat bagaimana prosesnya. Bagaimana caranya agar blog bisa menghasilkan pundi-pundi. Inilah yang menjadi topik pembahasan kami di WeBS family kali ini.

Tujuan Ngeblog

Diskusi kami minggu ini diawali dengan pertanyaan, “apa sih tujuan ngeblog?”. Ternyata masing-masing kami punya jawaban yang berbeda. Tujuan menulis di blog ada bermacam-macam.
Ada yang awalnya ngeblog karena memang suka menulis. Blog menjadi sarana menyalurkan hobi menulis. Ada juga yang menggunakan blog untuk stress realese. Menulis di blog jadi semacam proses healing gitu. 
Atau beberapa ada yang menjadikan blog sebagai media untuk menuliskan portofolio anak. Sebagaimana saya, membuat blog Home Education Centre sebagai media menyimpan portofolio kedua putri saya. 
Dan juga ada yang memang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan. Ini adalah strong way saya dan beberapa anggota WeBS lainnya. Makanya kami harus menguasai teknik SEO. Semua demi blog yang menghasilkan cuan, hehe.

Sumber Penghasilan Blog

Dua tahun menjadi blogger, memberikan banyak pengalaman bagi saya. Meski baru part time blogger, ternyata penghasilan yang di dapat juga lumayan lho. Beberapa sumber penghasilan sebuah blog di dapat dari : 
1. Sponsor Post
2. Content Placement
3. Product Review
4. Reportase Event
5. Lomba Blog
6. Adsense
Semua sudah pernah saya rasakan, hanya yang terakhir belum. Saya lagi on progress masang adsense di blog. Doakan lancar ya.

Monetisasi Blog

Monetisasi blog atau mendapatkan penghasilan dari blog tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak effort yang harus dilalui. Ada banyak syarat yang harus dipenuhi. Beberapa rangkuman dari diskusi kami di grup, ini adalah syarat yang harus dipenuhi agar blog bisa menghasilkan.
1. Performa Blog
Performa blog ini bisa dilihat dari beberapa hal. Mulai dari page view, DA, PA, DR hingga spam score nya. 
2. Tampilan Blog
Blog dengan tampilan yang SEO friendly pasti lebih memudahkan untuk dimonetisasi.
3. Blog TLD
Mayoritas klien yang mengajak blogger bekerjasama mensyaratkan blog harus yang TLD.
4. Berkomunitas
Berkomunitas bagi seorang blogger itu wajib lho. Dari komunitas kita bisa saling belajar. Saling mendukung, dengan rutin melakukan blogwalking. Dan sebagian besar tawaran pekerjaan, didapat dari komunitas. 
5. Rajin Nulis
Apalah artinya blogger kalau tidak rajin nulis. Semakin rutin nulis, khusunya tulisan organik akan semakin mengasah skil penulisan seorang blogger. Konten yang dihasilkan akan berkualitas. Dan ini juga menjadi pertimbangan klien dalam mengajak kerjasama. 
Ini adalah keranjang ilmu yang saya dapatkan dari WeBS family dalam waktu seminggu terakhir. Kalau penasaran dengan teknik SEO, jangan lewatkan Go Live dari mbak Rahma ya. Go live dari WeBS family akan hadir tanggal 21 februari 2020 pukul 10.30 WIB. 

0 Responses

  1. Kalau saya justru tidak tertarik (atau belum) dengan adsense Mbak. Merasa tidak nyaman kalau baca muncul iklan gitu. Termasuk di blog sendiri. Yakin ada pintu lain untuk rezeki hehehe

  2. Saya belum pasang adsense hehe, entah sih kalau nanti tapi sekarang belum tertarik saja. Ngeblog banyak manfaat termasuk bisa menghasilkan pundi – pundi yah, menyenangkan sekali.

  3. Blog ku blm pasang adsense mbak, pengen sih. Tapi aku pribadi ajh kalo sedang baca blog org lain yg sdh beradsense rada ribet yak. Kayak ada gangguan gitu, maka nya masih maju mundur pasang adsense.

  4. Banyak cara ya menghasilkan uang dr blog dukungan sy pernah pake AdSense tp sy hapus lg soalnya kaya ganggu banget gt pgl mantan sy klo baca blog orang yang AdSense nya kadang sk ganggu pembaca tp next pengen sh nyoba lg

  5. Asyiknya jadi blogger ya, dapat uang dari rumah.
    Tapi, prosesnya panjang dan butuh perjuangan banget hehehe.

    Orang-orang cuman melihat hasilnya, nggak tahu bahwa apapun profesinya, sama aja sih capeknya baru dapat duit 😀

  6. Sama, dari 6 berikut
    1. Sponsor Post

    2. Content Placement

    3. Product Review

    4. Reportase Event

    5. Lomba Blog

    6. Adsense
    Yang ke-6 belum saya coba
    Karena masih bergumul meningkatkan DA ???

  7. Dari ke -6 cara yang dituliskan di atas, saya sudah coba semuanya, hanya yang adsense belum menghasilkan, masih kecil banget hihihi.
    Apapun itu, saya berusaha untuk terus ngeblog aja, fokus dan terus belajar , semoga nanti pemasukan mengikuti usaha saya 🙂

  8. Iya, sudah pas nih semua yang dipaparkan, Mbak.
    Memasukkan berkomunitas tepat, karena apalah kita ini tanpa komunitas. Tanpa komunitas pasti begitu-begitu saja, kecuali kalo sudah kondang banget 😀

  9. KIta sekelas…. aih, senangnya bisa punya teman satu passion di komunitas para ibu ini.

    Saya juga belum eksplor Adsense Mbak. Rencananya pertengahan tahun ini setelah buku yang saya tulis selesai. tapi di blog yang memang khusus untuk adsense, bukan blog gado2 karena menurut saya kurang efektif.

  10. Untuk menghasilkan uang dari blog, sejauh ini aku belom pede dengan adsense. Traffic masih jelek. Jadinya ya cuma ngandelin review dan placement aja. Alhamdulillah ya, sekarang mah blog bisa diandalkan untuk bisa ngasilin uang 🙂

  11. Aku senang bercerita daa berbagi. Niatnya dulu adalah pengen numpahin unek unek dan sharing tentang minum kopi di Medan. Eh jadinya keterusan jadi beauty blogger karena interest juga kesana. Alhamdulillah sedikit demi sedikit mulai kelihatan.

  12. Waah kuliah bunda cekatan yah Mbak? Semoga lancar. Betul, ngeblog jugae ngga bisa asal. Harus perhatikan konten juga, PUEBI, tanda baca. Intinya jangan lelah belajar dan menjalin relasi.

  13. Yup da banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog ya Mbak. Bukan cuma dari satu pintu saja , alhamdulillaah saya juga sudah mendapatkan penghasilan dari aktivitas ngeblog saya ini. Ya, penghasilannya lumayan lah buat isi kuota dan jajan anak, hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tips

7 Inspirasi Tukar Kado Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudahkah menyiapkan kado untuk yang tersayang? Ya, hari raya termasuk lebaran akan semakin meriah dengan tradisi tukar kado. Biasanya tradisi tukar kado

Cerita Bunda

Terima Kasih, Diriku

Wah, nggak terasa sudah masuk hari terakhir KEB Berbagi Cerita. Sepekan sudah berbagi cerita Ramadan bersama KEB (Kumpulan Emak Emak Blogger).  Hari terakhir temanya kok