Serunya Liburan Keluarga di Kebun Binatang Surabaya 2022

Share This Post

 

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) 2022 masih menjadi destinasi wisata favorit warga Surabaya dan sekitarnya. Termasuk bagi saya dan keluarga. Beberapa waktu lalu, kami berkunjung ke sini. Setelah dua tahun sejak pandemi, banyak perubahan di KBS.

Cara Berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya

Terakhir kali ajak anak-anak ke KBS atau yang biasa disebut Bonbin ini dua tahun lalu, sebelum pandemi. Ternyata, saat pandemi Bonbin tetap buka. Hanya ada beberapa syarat jika ingin berkunjung ke sini.

Bagaimana dengan sekarang? Bagaimana cara berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya? Apakah masih ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa berkunjung ke sini?

Baca Juga : Menikmati Wisata Edukasi di Balai Pemuda Surabaya

Tentu, ada! Pertama, pastikan dalam kondisi sehat. Ada pengecekan suhu tubuh di pintu masuk. Kedua, pastikan memiliki akun Peduli Lindungi. Saat masuk dan keluar Bonbin harus scan akun Peduli Lindungi. Ketiga, tetap pakai masker.

Cara Beli Tiket Masuk Kebun Binatang Surabaya 2022

Tiket KBS ini bisa didapatkan dengan berbagai cara :

– QRIS
– Tiket Corner
– BRIZZI

Harga tiketnya Rp. 15.000 per orang.

Kebetulan saya memilih membeli melalui QRIS. Mudah dan cepat!

Fasilitas Kebun Binatang Surabaya

Di KBS sudah ada fasilitas lengkap untuk pengunjung. Mulai dari lahan parkir, musholla, toilet, restoran, dan bangku untuk duduk.

Kebun Binatang Surabaya

Ditambah lagi, tempat sampah di beberapa tempat, sehingga memudahkan pengunjung menjaga kebersihan. Tersedia juga tempat cuci tangan di beberapa sudut.

Oh ya, di Bonbin boleh kok bawa makanan dari luar. Seperti kami yang bawa bekal corn dog leleh ala Keju KRAFT Quick Melt saat berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya.

Kalau mau menggunakan toilet, jangan lupa membayar Rp. 1.000 per orang ya. Toiletnya bersih dan nyaman.

Liburan Keluarga di Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya

Saat masuk ke KBS, anak-anak langsung bahagia. Maklum, sudah lama mereka nggak berkunjung ke sini. Apalagi sekarang, KBS lebih bagus dan nyaman. Banyak pohon-pohon rindang yang membuat suasana menjadi teduh.

Spot instagramable

Kebun Binatang Surabaya 2022 banyak melakukan perubahan. Beragam spot Instagramable di setiap sudut. Bahkan ada Taman Selfie juga disini.

Koleksi hewan KBS

Kebun Binatang Surabaya


Koleksi hewan di KBS ini lengkap, lho. Mulai dari aves, mamalia, pisces, hingga reptil.

Kebun Binatang Surabaya

Baca Juga : Pentingnya Aktivitas Fisik Sebelum Belajar

Kebun Binatang Surabaya


Di sini ada juga Kids Zoo. Di dalamnya ada hewan-hewan kecil, seperti ikan,domba, kura-kura, hamster, iguana, hingga kucing.

Hewan-hewan endemik Nusantara maupun mancanegara juga ada di sini. Mulai dari anoa, cendrawasih, komodo, hingga kanguru.

Kebun Binatang Surabaya

Wahana dan atraksi di KBS

Tak hanya melihat ratusan koleksi hewan saja, di sini juga ada wahana permainan dan atraksi yang bisa dinikmati. Salah satunya, Tunggang Gajah. Sayangnya, saat kami ke sana atraksi Tunggang Gajah libur. Anak-anak batal naik gajah. Sedih deh.

Beragam wahana dan atraksi yang ada di Bonbin antara lain : kereta onta, aquarium, flying fox, outbound, animal edutainment, dan breakfast with elephant.

Oh ya, kalau mau wisata air juga ada. Ada wisata perahu dan kolam renang. Tentunya harus bayar lagi ya. Sebab, tiket masuk hanya untuk melihat koleksi hewan saja.

Program OTAS

Di KBS ini ada program OTAS (Orang Tua Asuh Satwa). KBS mengajak pengunjung menjadi orang tua asuh bagi beberapa satwa langka. Misalnya anoa, komodo, gajah, jalak Bali dan lain sebagainya.

Kebun Binatang Surabaya

OTAS adalah bentuk program Sahabat Satwa dimana perorangan, lembaga, maupun perusahaan menjadi mitra dalam pemeliharaan satwa. Program OTAS tersebut, satwa akan menerima pakan dengan standar nutrisi yang terjaga, akses perawatan medis, dan kesejahteraan dengan berlandaskan kaidah konservasi. Program ini, dapat diajukan oleh Sahabat Satwa dengan periode waktu minimal 12 bulan atau lebih.

Baca Juga : 5 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Masjid Agung Surabaya

Demikian cerita serunya liburan Keluarga di Kebun Binatang Surabaya 2022. Semoga kapan-kapan bisa ajak anak-anak liburan ke luar kota, bahkan luar pulau! Pengen juga ajak anak-anak jalan-jalan ke Balikpapan. Biar bisa kopdaran sama teman yang seorang penulis Balikpapan dan travel blogger Balikpapan.

0 Responses

  1. Kebun binatang masih jadi lokasi wisata favorit anak ya… Memang sih selain banyak manfaatnya mengenal dunia fauna, juga biasanya tiketnya juga terjangkau. Bisa rombongan dan bawa bekal plus dapurnya. Hehehe

  2. Sekarang main ke kebun binatangnya udah bisa bebas lagi ya. Ga ada batasan usia dan jaga jarak hehehe … Menyenangkan memang ajak keluarga besar main ke kebun binatang itu…

  3. Senang bisa lihat kebun binatang ramai pengunjung lagi. Waktu musim PPKM
    dimana-mana akibat covid kelihatan banget dampaknya terhadap hewan-hewan yang ada disana, termasuk kebun binatang Surabaya ini.

  4. Ah jadi kangen ke KBS lagi, dulu waktu kecil sering banget diajak ke KBS. Bahkan sering ikutan lomba mewarnai disana hehehe.. sekarang sepertinya lokasinya jauh lebih baik dari zaman kecilku dulu

  5. Ya ampun udah berapa puluh tahun ngga ke KBS nih. Btw pas pandemi katanya sempet tutup yah. Padahal KBS bisa jadi pilihan wisata edukas murah meriah buat anak2, pengen ke sana lagi ih.

  6. Singkatannya KBS aku jadi inget stasiun TV Korea.
    Hehhe, lupa kalau yang dimaksud Kebun BInatang Surabaya. Aku uda lama banget gak ke KBS yaa.. Rasanya semua sudah diperbaiki dan semoga semua hewan serta penjaganya hidup sejahtera.

    Terakhir ke KBS pas zaman kerja, uda tahun purbakala.
    Hiiks~

  7. KBS sekarang udah lumayaan ya mbaa, terakhir kesana kayaknya sebelum nikah wkkw jadi lebih dari 8 tahun tuh.. alhamdulillah kalau skrg dah mendingan

  8. Bulan lalu kami ke KBS. Seperti mengenang zaman SMA study tour ke sana. Alhamdulillah sekarang bersih dan terawat yah.

    Tapi kami kurang lama eksplorasi nih. Malah skip Kids Zoo dan belum ketemu harimau. Next coba main lagi ke Sana ah.

  9. Kebetulan Kamis lalu, saya dan anak2 ke bonbin. Abis ada acara TK di masjid agung, mampir ke bonbin. Seru yaaa… Kaget jg di pintu masuk tiba2 disemprot, wkwkw. Desinfektan kali ya… Wajib pakai masker jg, prokes tetap diutamakan… keren

  10. Kebon binatang surabaya ini yg ada patung buaya dan hiu di depannya kan ?
    Saat ke surabaya sempat mau mampir tapi urung. Kalau liat fotonya2 tampaknya sudah banyak peremajaan dan area-srea yg lebih bagus

  11. Sudah berapa kali ke Surabaya tapi belum sempat main-main ke kebun binatang Surabaya nih. Maklum biasanya ke Surabaya cuma numpang transit aja. Padahal ini salah satu tempat favorit saya buat bersantai. Senang aja keliling-keliling kebun binatang sambil melihat-lihat binatang yang ada sambil menikmati kebun binatang yang biasanya sejuk karena banyak pepohonan.

  12. Wahiya, bagus banget ini program OTAS.
    Dulu banyak banget hewan di KBS yang kurus dan bahkan meninggal. Rasanya memang kalau dari pengelolaan dana, mungkin bisa jadi kurang mencukupi kebutuhan hewan dan pegawainya yaa.. Melalui program OTAS, semoga bisa berjalan lebih baik lagi.

  13. Keren program OTAS, saya baru tahu ini ada program itu. Semoga para satwa juga bisa memiliki kualitas hidup lebih baik lewat program OTAS…
    Kapan-kapan semoga bisa main ke KBS..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tips

7 Inspirasi Tukar Kado Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudahkah menyiapkan kado untuk yang tersayang? Ya, hari raya termasuk lebaran akan semakin meriah dengan tradisi tukar kado. Biasanya tradisi tukar kado

Cerita Bunda

Terima Kasih, Diriku

Wah, nggak terasa sudah masuk hari terakhir KEB Berbagi Cerita. Sepekan sudah berbagi cerita Ramadan bersama KEB (Kumpulan Emak Emak Blogger).  Hari terakhir temanya kok